Senin, 19 Agustus 2013

Actual factory Overhead



Actual factory overhead atau  overhead pabrik nyata adalah biaya yang dikeluarkan selama proses manufaktur, tidak termaksud biaya tenga kerja langsung dan bahan. Overhead pabrik biasanya dikumpulkan ke kolam biaya dan dialokasikan untuk unit yang diproduksi selama periode tersebut. Hal ini dibebankan ketiks unit yang di produksi kemudian dijual sebagai barang jadi. Alokasi biaya ovehead pabrik untuk unit yang diproduksi dihindari bawah biaya langsung metodologi, namun hal tersebut diberikan menurut penyerapan biaya. Contoh biaya overhead pabrik yaitu,  gaji pengawas produksi, gaji jaminan kualitas, gaji manajemen bahan, sewa pabrik, utilitas pabrik, pabrik asuransi bangunan, balas jasa, penyusutan, biaya setup peralatan,  pemeliharaan peralatan, persediaan pabrik, dan pabrik alat-alat kecil dibebankan. Berbagai kemungkinan biaya overhead pabrik bisa sangat luas tergantung pada ukuran dan kompleksitas dari operasi pabrik dan tingkat detail di mana biaya di catat.
                Setelah overhead pabrik dialokasikan untuk persediaan, jumlah yang sebenarnya dialokasikan akan bervariasi dari jumlah standar yang telah dianggarkan untuk dialokasikan. Perbedaan ini disebabkan oleh komponen varians pengeluaran atau varians efisiensi. Pengeluaran varians terjadi karena jumlah aktual pengeluaran overhead pabrik yang terjadi selM periode itu berbeda dari jumlah standar produksi yang telah dianggarkan dibeberapa titik di masa lalu. Efisiensi varians terjadi karena jumlah unit yang overhead pabrik dialokasikan bervariasi dari jumlah standar produksi yang telah di harapkan ketika tingkat alokasi didirikan.
                Penggunaan overhead pabrik yang diamanatkan oleh standar akuntansi, tetapi tidak membawa nilai nyata untuk memahami biaya overhead, sehingga praktek terbaik adalah untuk meminimalkan kompleksitas metodologi alokasi overhead pabrik. Idealnya, harus ada sejumlah kecil yang sangat agrerat rekening overhead pabrik yang dikupulkan menjadi kolam biaya tunggal, dan kemudian dialokasiikan menggunakanmetodologi sederhana. Juga, jumlah analisis overhead pabrik dan pekerjaan pencatatan dapat diatasi dengan pengisian semua biaya pabrik material terhadap beban pada saa terjadinya.